My Current Skin Care Routine

11:15 AM

Hi all,

Thanks for visiting my page again!
In this post, sesuai judulnya, I'm gonna talk about my current skin care routine.
Aku pengen banget share ttg hal ini, karena menurut aku skin care itu penting banget nget nget untuk investasi jangka panjang, juga untuk hasil make up sehari2 yang bagus in the first place. I know make up emang udah canggih banget skrg, dari produk2 nya dan, teknik2, sampe tips and trik canggih yang banyak banget. Tapi menurut aku pribadi, kalau kulitnya emang udah terawat dan sehat, dengan make-up yang minim pun wajah kita sudah akan luminous & enak dilihat. Apalagi kalau didukung dengan make up yang canggih juga, flawless!


My skin care routine highlight

Skin care routine aku sebenernya nggak pro-pro banget, dan gak se lengkap itu juga. But my skin has been cooperating very nicely dengan skin care routine aku ini. Kulit aku kombinasi, agak berminyak di daerah T-Zone, dan cenderung kering di area lain.


So let'get to it!

CLEANSING


Cleansing routine

Untuk step-by-step skin care routine aku sendiri, udah pasti dimulai dengan cleansing.
Cleansing itu more important than I thought. Dulu aku suka sekali- sekali bandel kalau pulang malem capek suka males bersihin muka atau emang lupa aja ketiduran tanpa bersihin muka.
Dan setiap kali kayak gitu pasti nongol jerawat beberapa hari setelahnya :(

Untuk cleansing sendiri, biasanya aku mulai dengan bersihin make up mata dengan baby oil (gw orangnya boros tapi kadang pelit banget). So yeah, I don't use specific eye make up remover yang agak mahal-mahal itu dan cuma pake baby oil untuk bersihin make up waterproof di mata. Coz I use A LOT, every single day! Cukup dituang baby oil nya ke kapas, terus ditaroh di mata, dan ditekan sambil didiamkan beberapa detik supaya make up nya lebih gampang copot, baru diusap2 sampe bersih.

Setelah itu I'd take my Bioderma Sensibio H2O Cleansing Water. Aku pertama kali di rekomendasiin product ini dari sekitar 2 tahun yang lalu sama salah satu dokter kulit yang pernah aku datengin. Dan I've been so in love with this product ever since! Currently I'm in my 5th bottle kalau ngga salah (or more) dan ini kayaknya bakal tetep aku repurchase terus-terusan.

Fungsinya cleanser yang ini untuk ngebersihin make up di seluruh wajah. Caranya juga sama cukup dengan kapas aja, lalu diusapkan ke seluruh wajah. Kalau make up nya lagi agak full aku biasanya ulangin step ini 2 kali sebelum dicuci lagi mukanya. Walaupun ngga mengandung alcohol, cleanser ini rasanya dingin dan segar gitu di wajah, and ngebersihinnya juga cukup bersih, jadi kalau kadang lagi yang pulang subuh udah capek stengah mati and ngga sanggup bersihin muka bener2, aku cukup bersihin muka aku pake ini aja 2 kali habis itu langsung tidur (ngga dianjurkan sering-sering sih :p) And one more thing yang aku suka banget dari cleanser ini, dia itu super gentle, jadinya pas untuk kulit sensitive, dan ngga bikin kulit jadi terlalu kering juga. Tapi memang kurang bisa bersihin make up mata apalagi yang waterproof. That's why the baby oil. hehe

Next step is sebum cleansing alias cuci muka pake sabun. Aku skrg lagi pake GLAMGLOW Youthcleanse Daily Exfoliator.  Product ini bentuknya seperti mud tapi ketika dicampur dengan air akan menjadi foam yg mengandung sedikit scrub untuk fungsi exfoliating. Aku juga suka banget sama cleanser ini karena bersih banget, dan walaupun exfoliating tapi dia juga light banget dan gentle, jadi aman dipakai setiap hari. I think it's very important to stick with gentle cleanser apapun jenis kulitnya, karena kalau cleanser nya extreme, atau terlalu keras, biasanya akan bikin kulit kita terlalu kering, dan ini akan menyebabkan kulit kita memproduksi minyak dalam jumlah berlebihan untuk compensate kondisi yang terlalu kering. Jadinya malah greasy deh, or even breakouts!

I also love the packaging because it's black and it comes with a pump! Dan irit banget pula, cukup pake sedikit banget setiap hari udah cukup untuk satu muka. Product ini aku beli di Sephora, bisa juga beli online langsung di website mereka disini: http://www.sephora.co.id/products/glamglow-youthcleanse
Tapi satu-satunya yang aku kurang suka dari product ini itu harganya yang pricey! Bagus sih productnya, but I'm not sure it really worth all the money. At least irit lah dan habisnya lama banget.

Glamglow Youthcleanse Daily Exfoliator: The texture, & the amout you need to create gentle lather enough for the whole face

Terakhir setelah cuci muka dan seteslah dikeringin dengan handuk, aku spray muka aku dengan Avene Thermal Spring Water untuk hydration. Aku juga ngerasa kalau pake product ini bisa ngebantu skin care yang aku pake setelahnya lebih jadi lebih terserap sempurna (ini sotoy, tp I just like the feeling. hehehe). Kalau penasaran soal product ini, bisa baca review lengkap aku tentang product ini: http://www.stellajulian.com/2015/11/avene-thermal-spring-water-review.html


MOISTURIZE




Setelah wajahnya udah bersih-sih, of course the next step is to moisturize.
Semua jenis kulit, baik yang oily, kering, atau kombinasi, menurut aku perlu di moisturize. So no excuse.

Sebelum moisturizer nya sendiri, aku suka pake serum dulu coz fuckin hell, the concept of serum is amazing. Untuk serumnya sendiri aku suka switch antara Innisfree Green Tea Seed Serum & Philosophy Hope is not Enough.

Untuk sehari-hari aku lebih sering pake Innisfree karena rasanya lebih ringan dibanding si Philosophy. Serum Innisfree ini bagussss banget, wanginya juga enak, texture nya ringan banget, and it comes with a pump! Harganya pun murah buat ukuran serum, padahal isinya juga cukup banyak (80ml). Kulit aku berasa very refreshed and relaxed begitu dipakein serum ini and jd berasa lebih kenyal besokan harinya. I highly recommend this product!

Meanwhile, kalau kulit aku lagi agak berlebihan keringnya, atau lagi super ngga jelas, biasanya baru aku akan pake si Philosophy Hope is not enough ini sbg serum. Serum yang ini jauh lebih thick, dan jauh lebih bikin kenyal lagi sih. Bener2 effective banget kalau kulitnya lagi butuh perawatan extra, pagi2 aku bangun kulit aku langsung jadi kenyal banget kayak pantat bayi. Tapi aku gak mau terlalu sering pake ini karena kalau kulitnya lagi normal-normal aja, this would make my skin a bit too greasy in the morning, karena malah jadi agak terlalu oily kulitnya. And I don't really like the smell !! Test drive dulu ya kalau consider mau beli ini, karena baunya agak strong.

Next up is the moisturizer itself. Aku pake Shiseido Vital Perfection White Revitalizing Emulsion. Before I talk even further, I have a confession to make. I am that girl yang setiap kali milih moisturizer itu pasti paling ga mau ribet sama ngga mau rugi. So waktu aku ke counternya, ini aku pilih rangkaiannya dari Shiseido dengan fungsi paling lengkap (aku pasti pilih yang complex2 multifungsi deh dari dulu). Kan setiap brand ada tuh koleksi product'nya yang khusus brightening, khusus anti aging, sensitive skin, etc. Tapi biasa ada juga yang semacam all-in-one gitu. Nah aku pasti selalu pilih yang kayak begitu. Karena jujur aja, aku ngga merasa punya 1 macem concern kulit khusus, so a little bit of everything sounds really nice to me!
And one more thing, aku juga pilihnya selalu yang bisa dipakai untuk siang dan malam sekaligus. I don't really like buying 1 khusus untuk siang, and 1 khusus untuk malem. Ribet amattt ya kayaknya, no no no, pusing kepala berbi ~

So there you go, jadilah mengapa aku pilih this one particular product from Shiseido. So far aku suka sama product ini works quite effectively, giving enough moisture walaupun texture nya ringan. Oh iya, dia juga comes with a pump, and texture nya agak seperti lotion tapi sedikit lebih cair. Pokoknya ringan banget. Before this I used heavy moisturizer yang texture nya thick (lupa namanya tp dari L'Occitane yang jar nya warna biru), itu malah ngga bekerja se efektif yang si Shiseido ini padahal texture nya lebih thick. I personally lebih suka segala sesuatu yang light karena kalau thick ujung-ujungnya pasti rasanya agak greasy. Apalagi kalau apply banyak make up setelah nya. Idk if it just me?

Untuk harganya emang ngga bisa dibilang murah Shiseido ini, tapi pake nya awet banget. Aku udah pake sekitar 5 bulan dan productnya masih ada sisa lebih 1/3 botol lebih. Ga even perlu keluarin sampe full 1 pump untuk 1 wajah setiap kali pake.

Nah berikutnya yang juga penting itu eye cream. Untuk eye cream sebenernya aku lagi pake Khiel's Line Reducing Eye-Brightening Concentrate . Kata advisor di tokonya sih ini khusus untuk mencerahkan kantung hitam di bawah mata sekaligus reducing fine lines karena kandungan vitamin C nya yg aktif. But to be honest, I think it doesn't really do anything to those fabulous Prada bags under my eyes, and in fact aku kurang suka sama product ini, karena it burns!! Pedes dan bikin mata aku jadi agak gatel, terus jadi malah ngga bisa tidur. And not moisturizing at all, malah agak jadi bikin kering dan hampir rash gitu. Ngga tau apa karena product nya terlalu keras atau karena kandungan aktif Vitamin C nya, or maybe apa gak cocok aja buat kulit mata sensitive, IDK. Sedih sih karena lumayan mahal harganya :s :s Btw sorry lupa difoto product ini saking udah sering banget ditinggal jarang banget dipake lagi, tapi bentukannya yang seperti ini:

Kiehl's Line Reducing Eye-Brightening Concentrate

Jadinya utk eye cream aku pake punya Innisfree dari rangkaian Green Tea Seed nya dia juga. Ini berhubung dapet mini sample nya waktu beli serum, jadi lumayan bisa coba. Kalau yang ini aku suka banget, karena rasanya soothing, dan berasa lebih lembab juga di daerah mata. Nggak gatel atau pedes. Tapi aku masih kurang puas sih, dan masih kepengen nyari eye cream yang lebih bagus lagi. Karena mata aku tuh kalau capek dikit suka langsung agak bengkak, dan sejauh ini belum nemu product yang bisa bener-bener menenangkan mata aku, seringnya besok paginya masih berasa agak lelah matanya.

Dulu banget pernah sih pake dari The Body Shop yang Vitamin E, dan itu cukup ampuh, bahkan kalau mata aku yang bener2 bengkak karena begadang jaman-jaman kuliah, pagi2 udah balik normal lagi dan berasa fresh untuk ukuran habis begadang. Idk, I might want to repurchase that one setelah ngabisin yang skrg.

INTENSIVE CARE



And terakhir, untuk extra care, aku pake Innisfree Super Volcanic Clay Mousse Mask sebisa mungkin seminggu 1-2x. Gunanya untuk deep cleansing, meminimalisir pores, dan mencerahkan kulit. Aku juga suka karena bentuknya yang praktis dengan pump, dan cukup pake sedikit saja, sudah cukup untuk seluruh wajah. I really like the feeling after using this mask, kulit aku bener-bener berasa lebih bersih, lebih bright, dan sedikiiiiiit lebih kencang.

"The Super Volcanic Clay Mousse Mask contains 6,020mg Super Volcanic ClustersTM that increases overall efficacy of sebum absorption. The micro-clay formula features particles smaller than facial pores and glides over skin easily, penetrating deep into the finest of pores to effectively remove impurities and dirt. The inclusion of AHA, BHA, walnut shell extract and cellulose remove white heads, blackheads and prevent the buildup of dead skin cells to unveil radiant, smooth skin."

And the other 2 products are actually for treatment only. Kalau aku lagi nongol jerawat, aku akan pake Benzac (Benzoyl Peroxide) sebagai obat jerawat aku. Aku di rekomendasiin obat jerawat ini oleh my own boyfriend yang kebetulan is a Medical Science graduate and talk things in chemical & science sense. Dan benzoyl peroxide ini bekerja dengan mengurangi bakteri penyebab jerawat sekaligus mempercepat proses pengeringan jerawat, jadi lebih cepat mateng dan gone.



Yang satunya lagi adalah DesOwen Desonide Lotion, which adalah synthetic corticosteroid. Ini biasanya digunakan utk dermatological use untuk mengobati rashes yang agak parah yang sampai merah-merah dan gatal. Aku pake ini karena kulit aku sensitif banget sama pasta gigi (yes, odol!). Jadi di bagian pinggir mulut aku itu sering tiba2 jadi kering banget, kemerahan, dan gatel, dan kulitnya jadi suka terkelupas. aduh pokoknya malesin banget. Dari dulu kalau lagi muncul aku selalu pakein lipbalm lah, petroleum jelly lah, tapi none of them really worked. Cuma akan bikin kulitnya copot, tapi masih akan tetep merah dan gatel. And such condition would last for couple of weeks or even months. pokoknya ganggu banget. Tapi sejak pake product ini, begitu nongol sedikit, langsung aku pakein, dan beberapa jam kemudian udah langsung mendingan jauh atau bahkan hilang sama sekali :D, so if you have the same condition with me, try this product, semoga bisa ngebantu. Aku beli ini dan obat jerawat di atas itu di Watsons di Singapore. kayaknya ngga available di Indonesia, tp alternative nya, ask for other products di apotek / drugstore dengan active ingredients yang sama. 



So that's it for my skin care routine! Aku masih absen pake sunblock, karena aku sejauh ini belum nemu sunblock yang ngga bikin wajah jadi mengkilap dan "mantul" setelah seharian pake make up, so, biasanya I'd try to use make up yang udah ada SPF nya biar sekalian. But I know it's not enough. So if you have any recommendation untuk sunblock yang make-up friendly, please please please let me know! :)



Thanks for reading, I hope you find this helpful, especially for those yang tipe kulit and skin goals nya mirip2 sama aku. 



See you on my next post!

XOXO

You Might Also Like

4 comments

  1. Hi dear! Thanks buat articlenya seru bgt bacanya haha. Anw untuk sunblock ak mau recomend "Helio potency sunscreen spf 50" enak bgt dipakai ringan dan ga lengket! Basicly ak jg sama muter2 cari sunblock yg ok sampai nemu helio, pakainya dikit aja awet jg. skrg aja udh botol yg kedua :) semoga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, thanks for reading, and thanks for the recommendation! Will definitely look it up :)

      Delete
  2. Hi Stella.. selam kenal :)
    Wah senangnya cocok banget pake Bioderma yaah... aku udah sampe 2 botol (sebium dan sensibio) malah purging parah T.T .. masih takut buat pake lagii... hihi Oh ya kalau mau coba sunscreen yang lumayan ga lengket coba Skin Aqua deh, dia watery based jadi cepet nyerep kulit. Affordable pula gampang ditemuin dimana2. hihi kadang aku kalau lagi mau panas2 san di luar abis make up pake lagi si sunscreen ini. hihi. Tapi kayaknya kulit wajah Stella udah putih dan cerah deh ngga urgent2 amat sunscreen. hihi.

    www.inkaparamita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Hai kak stella..salam kenal..aku juga suka pake bioderma deh buat membersihkan wajah..enak dan cocok banget dimuka aku..aku juga pake baby oil buat bersihin makeup mata dan bibir lebih murah dan ampuh..

    ReplyDelete

About Me

About [span]me[/span]
Hello, my name is Stella Julian.

I'm a 27 year-old Indonesian who used to work as a full-time passionate-professional in beauty industry. I created this blog to share all things mainly related to beauty, fitness, and other things about me that's almost unintelligible. Sharing is caring and hope you guys enjoy reading my posts! Do contact me for questions or inquiries: stellss.julian@gmail.com

TRANSLATE

Popular Posts

Instagram