L'Oreal vs Garnier - Micellar Water Battle | Bahasa Indonesia

4:26 PM

Hi guys, welcome back to my post. 

If you aware, belakangan ini kayaknya Indonesia lagi heboh-hebohnya sama micellar water. Apalagi skrg juga mulai banyak micellar water dari brand-brand drugstore dengan harga yang jauh lebih murah daripada brand-brand sebelumnya yang udah ada. 

Nah di post kali ini aku mau membahas tentang 2 drugstore micellar water yang belum lama ini baru aja launching dan kayaknya termasuk salah satu yang paling heboh diantara drugstore micellar water lainnya, L'Oreal vs Garnier. Langsung aja yuk!



Micellar water throw down | stellajulian.com

PRICE & PACKAGING

L'Oreal Micellar Water - 250ml ini dipasarkan dengan harga di kisaran Rp 129,000 (kalau lagi ngga diskon). Packagingnya is quite pretty dan sophisticated, dengan botol plastik berbentuk kotak. 


    


Garnier Micellar Cleansing Water, harganya memang jauh lebih murah dibanding L'Oreal, yaitu sekitar Rp 30,000 per botol, tapi isi botolnya hanya 125ml atau setengahnya dari L'Oreal. 


    


Still, kalau di compare harga per mililiternya, Garnier masih jauh lebih ekonomis dan harganya jauh lebih bersahabat dibanding L'Oreal. Packagingnya juga praktis, botol plastik dengan cap yang bentuknya agak bulat pipih. 

Dari segi packaging, satu perbedaan yang aku cukup notice di antara keduanya yaitu bolongan di bagian cap atau tutup botolnya. Somehow aku ngerasa L'Oreal kayaknya lebih cepet ngeluarin product'nya waktu aku tuang ke kapas, walaupun lebih rawan nuang kebanyakkan. Kalau pake Garnier keluarnya lebih sedikit-sedikit jadi aku kadang lumayan bolak balik nuang lagi product'nya ke kapas untuk sampe dapet product yang cukup. Kalau disuruh milih aku lebih prefer packaging'nya L'Oreal sih karena lebih cepet aja nuang product'nya. Walaupun Garnier lebih gampang diirit, tapi aku pake'nya ngga se sedikit itu juga jadi for packaging I prefer L'Oreal.


L'Oreal Ada gap dari lubang ke permukaan atas tempat bersentuhan dengan kapas, sehingga it allows more products yang ter'tuang' ke kapas, sedangkan bentuk tutup Garnier, lubangnya langsung bersentuhan dengan kapas sehingga product tidak sempat ter'tuang' banyak

CLAIM & INGREDIENTS

Secara general, claim semua product ini hampir sama, yaitu sebagai pembersih wajah, mata, dan bibir tanpa bilas. Tapi setiap variant punya fungsi tambahan dan rekomendasi tipe kulit yang cocok untuk masing-masing variant tsb.

Ingredients'nya pun hampir sama, but please pay attention untuk beberapa ingredients yang aku highlight di bawah:

L'Oreal Micellar Water MOISTURIZING (pink):
Melembabkan. Diperkaya dengan Rose Extract. 
Cocok untuk kulit sensitif, berminyak, dan kombinasi

Ingredients:
Aqua/Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Rosa Gallica Flower Extract, Sorbitol, Poloxamer 184, Disodium Cocoamphodiacetate, Disodium Edta, Propylene Glycol, BHT, Polyaminopropyl Biguanide.

L'Oreal Micellar Water REFRESHING (blue):
Menyegarkan. Diperkaya dengan 95% Pure Water
Cocok untuk kulit sensitif, berminyak, dan kombinasi

Ingredients:
Aqua/Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Poloxamer 184, Disodium Cocoamphodiacetate, Disodium Edta, BHT, Polyaminopropyl Biguanide.


  

Garnier Micellar Water SKIN NATURALS (pink):
Melembabkan
Untuk kulit sensitif

Ingredients:
Aqua/Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Disodium Cocoamphodiacetate, Disodium Edta, Poloxamer 184, Polyaminopropyl Biguanide.

Garnier Micellar Water PURE ACTIVE (blue):
Mengontrol minyak
Cocok untuk kulit berminyak cenderung berjerawat

Ingredients:
Aqua/Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Alcohol Denat, Disodium Cocoamphodiacetate,Disodium Edta, Poloxamer 184, Polyaminopropyl Biguanide.


  


So, semua product di atas beserta semua variant'nya mempunyai 3 komposisi utama yang sama persis. Namun ada beberapa ingredients tambahan yang hanya ada di variant tertentu. Di L'Oreal PINK terdapat ingredients seperti rose extract, Sorbitol, Propylene Glycol yang fungsinya kurang lebih membantu memberikan extra moisture to the skin

Sedangkan antara L'Oreal BLUE dan Garnier PINK ingredients'nya hampir sama, hanya di L'Oreal terdapat BHT yang berfungsi sebagai antioxidant (yay). Dan untuk variant Garnier BLUE, terdapat Alcohol Denat yang fungsinya untuk mengurangi moisture berlebih pada wajah, yang lebih cocok digunakan pada oily skin dan kulit berjerawat. 

*I believe dari analisa ingredients'nya aja harusnya kira-kira udah kebayang which one is for you? Hehe. 

PERFORMANCE

Sebelum membahas soal performance 2 product ini lebih lanjut, I wanna put it out there first kalau I only use micellar water to clean my face, lips, and eyebrows. Aku dari dulu emang ngga pernah pake micellar water untuk membersihkan my eye make-up, karena aku hampir selalu pake mascara, lots of eyeliner, tightline eyeliner, dan kadang pake false lashes sehingga sering juga ada residue eyelash glue di mata. Jadi aku selalu pake make-up remover khusus untuk waterproof makeup yang pastinya jauh lebih ampuh dan lebih cepet ngebersihin'nya. Kalau lagi kepepet emang aku suka pake micellar water untuk bersihin eye make-up, tapi it's such a painful and long process. I don't recommend this, end of the story. 

Menurut aku kalau dari performa ngebersihinnya sendiri, dua product ini hampir sama, tapi L'Oreal sedikiiiiittt terasa lebih bersih. Ketika dipakai, L'Oreal juga terasa lebih basah, dan 1 kapas lumayan bisa  reach 1 muka sampe kena semua. Sementara Garnier biasanya baru setengah muka lebih kapasnya udah berasa kering karena udah 'penuh'. Pertamanya aku pikir karena Garnier sekali dituang ke kapas keluarnya lebih sedikit-sedikit jadi aku nuangnya mungkin kurang . Tapi aku coba lagi  tuangnya sampe lumayan banyak berkali-kali dan rasanya tetep lebih 'kering' dari L'Oreal, dan aku tetep harus nambah terussss product'nya ke kapas untuk bisa kena-in 1 muka (ujung-ujungnya boros).

Tapi both Garnier & L'Oreal dua-duanya sama, ngga cukup dengan 1 kapas (maybe harusnya cukup ya kalau untuk makeup ke kampus atau ke kantoran yang wajar cuma pake cushion or CC cream and a bit of blush, tapi aku seringnya kan pake foundation, concealer, loose powder, pokoknya rempong, jadi ngga cukup 1 kapas :p)

Untuk aromanya, dua-duanya ga ada aroma apa-apa, dan ngga perih juga di mata. Kalau ngga sengaja kerasa di bibir juga ngga ada rasa-rasa yang aneh. Hehe

Setelah selesai dengan micellar water, aku juga selalu double cleansing dengan facial wash, dan lanjut lagi dengan skin care regime aku. Biasanya sih setelah facial wash lalu pake toner, udah ngga keliatan lagi sih sisa-sisa make-up atau debu. Kapasnya bersihhhh :)

VERDICT

Karena kulit aku sensitif dan cenderung kering (banget), jadi yang aku sering pake ketika lagi banding-bandingin disini cuma antara L'Oreal PINK dan Garnier PINK. Kadang aku juga suka pake L'Oreal BLUE, dan aku juga suka-suka aja sih, tapi dari semua variant diatas aku paling prefer L'Oreal PINK, karena ada fungsi moisturizing'nya dan emang terasa slightly lebih lembab dibanding yang lain, jadi cocok banget buat kulit aku yang kering. 

Aku juga ngga terlalu touch Garnier yang BLUE, karena lebih cocok untuk orang-orang dengan oily skin. Aku takut ah nanti kulit aku jadi makin kering lagi :p But if you have acne prone skin this is actually satu-satunya diantara 4 varian diatas yang dikhususkan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat, so this might be the best option for you. 

-------------

Sooo, in general, semua micellar diatas ngga beda jauh sih, ga ada yang bikin lengket ganggu gitu, ga ada yang bikin iritasi, dan daya ngebersihinnya juga ga beda jauh. Kalau disuruh pilih repurchase yang mana I would probably go with L'Oreal PINK just because of its moisturizing feature, tapi kalau lagi mau ngirit banget, kayaknya bakalan beli Garnier karena murah banget :D

Hope this helps, and 
Let me know your thoughts as well!


XOXO

You Might Also Like

3 comments

  1. ah thankyou for sharing kaak ^^

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. sukak bangte sama garnier micelar water ini. ini khan sudah mendunia dan emng bagus baget ampuh utnuk menhapus makeup kita

    ReplyDelete

About Me

About [span]me[/span]
Hello, my name is Stella Julian.

I'm a 27 year-old Indonesian who used to work as a full-time passionate-professional in beauty industry. I created this blog to share all things mainly related to beauty, fitness, and other things about me that's almost unintelligible. Sharing is caring and hope you guys enjoy reading my posts! Do contact me for questions or inquiries: stellss.julian@gmail.com

TRANSLATE

Popular Posts

Instagram