New purple hair, my colorful hair journey

9:03 PM

Hey guyss.

Just changed my hair color againn.
This time is aubergine/burgundy color and I'm loving it!

muh pink hair <3



Kali ini warna yang aku pilih adalah warna dark red/burgundy. Cat yang aku gunakan adl merk Directions dengan warna Dark Tulip. Dan ternyata jadinya dark red dengan sentuhan warna magenta purple. 

Aku sukaaa banget warna nya. Kalau di dalem ruangan warnanya gelap jadinya rambut aku kelihatan elegant. Tapi kalau kena sinar matahari warnanya jadi PINK!

Aubergine hair using Directions - Dark Tulip

Aku emang sengaja pilih warna yang gelap karena roots aku udah tumbuh lumayan panjang, dan karena tadinya bukan ombre (awalnya cat full seluruh rambut), jadi perbatasan antara rambut asli dan rambut aku yang di cat itu aneh banget seperti garis lurus dan tidak ada gradasinya. Jadi aku emang sengaja pilih cat yang gelap supaya di bagian atasnya lebih nyambung sama warna rambut asli aku. 
Sekaligus ditambahin bleaching di beberapa tempat untuk bikin efek gradasi / ombre nya :D

Oh ya. satu lagi alasan aku pilih warna gelap supaya lebih tahan lama itu karena aku kurang sukaaa bolak balik ke salon untuk touch up warna karena sudah pudar. pegel pantatnyaaahh duduk lama lamaaaa. Sedikit tips dalam pemilihan warna rambut, kalau kalian consider warna2 muda seperti pink pastel, biru pastel, dan warna2 soft ala ala cotton candy lainnya, please also consider kalau warna2 soft seperti itu memang lucu banget tapi juga jauh lebih cepat pudar karena pigmentnya pun tidak sekuat warna2 gelap.

Terakhir aku cat dengan warna ungu pastel, lunturnya emang lucukk banget jadi pink2 pastel gitu tapi cuma 2 minggu lalu mulai balik jadi blonde/silver lagi. sediihh baru juga dari salon kayaknyaaa :s

Supaya lebih seru lagi aku juga share perjalanan warna rambut aku selama beberapa bulan terakhir, siapa tau ada yang lagi bingung milih2 warna rambut atau pengen tau the whole process..

1st. BLONDE

Oke jujur aja kalau warna blonde ini sebenernya adalah kesalahan teknis.
Dari awal sebenernya warna yang pertama kali aku pengen itu adalah silver.
Untuk mencapai ke warna silver, rambut aku di bleach sebanyak 3 kali. Tapi ada kesalahan teknis waktu proses bleaching. Level bleachingnya masih kurang banget, sementara rambut aku udah ngga kuat, dikarenakan bahan bleach nya didiamkan terlalu lama di rambut aku jadinya bukannya menambah level bleach'nya lagi, tapi malah hanya merusak rambut.

Dan ketika ditimpa warna silver, jadinya warna cat nya pun ga bisa masuk alias mental :s

Jadilah aku blonde selama beberapa bulan sambil menunggu rambutnya lebih kuat untuk di bleach lagi. 
Well I have to say though, seru juga sih punya rambut blonde :p

I'm so bloody blonde sometimes zzz zzz



2nd. SOFT PURPLE

Setelah beberapa bulan punya rambut blonde, time to move on!
(Sekalian switch stylist ke yang lebih dipercaya)

Waktu itu karena rambut aku juga sudah jauh lebih kuat, maka rambut aku ditambahkan lagi bleaching 2x (TOTAL 5x BLEACH) sampai warnanya benar2 platinum blonde.
Namun karena sisa2 dari proses bleaching sebelumnya yang sangat tidak merata, masih ada beberapa bagian rambut aku yang pigment nya masih agak tinggi dan tidak akan bisa ditimpa dengan silver. Idealnya ya kalau rambut aku di bleach lagi sekali lagi tapi udah lemah banget waktu basah pun udah melar2 kayak karet :( :( :(

Untuk diakalinnya maka rambut aku di cat warna purple dicampur silver. Karena menurut pengalaman stylist aku pun, warna ungu biasanya luntur ke silver.

So.. voila!

Campuran manic panic ungu (lupa nama warna apa) dengan silver - freshly dyed!
3rd. COTTON CANDY!!

Karena warna ungu ini juga sebenarnya soft banget, jadi lunturnya extra cepat. 
dalam beberapa hari aja, rambut aku langsung luntur ke pink cotton candy begini
Emang sih dikasi warna ungu muda biar lunturnya cepet dan supaya aku cepet2 punya wambut silver seperti tujuan awal. Tapiii kok ternyata lucuuu bangettt ngga rela cepet2 lunturrrr

My FAVE hair color everrr! Turned into cotton candy! Warna lunturan hanya setelah beberapa hari
4th. SILVER (Finally!)

Setelah beberapa lama berikutnya rambutku mulai luntur ke silver.
Tapi karena aslinya pigment rambut orang asia itu memang kuat karena warna rambut aslinya gelap, bleaching'an aku pun juga ikutan bandel mulai naik2 lagi warnanya ke blonde.
Jadinya silver-blonde gimana gitu deh :s

I had to use silver shampoo setiap kali keramas untuk mempertahankan warna silver nya (thanks to my boss that bought me my first bottle of this shampoo and introduced me to this hero product!)

Finally got my silver!

I was very happy with my silver hair, finally got the hair color that I wanted!
Tapi makin lama warnanya makin susah di kontrol karena pigment rambutnya memang naik terus dan silver shampoo pun lama2 tidak cukup membantu lagi. 

5th. BLUE

Karena aku ogah banget bleaching2 rambut lagi berjam2 di salon hanya untuk retain my silver hair tetep bagus, aku pun berpikir untuk sekalian ganti warna rambut yang gelap dan yang lunturnya lama supaya ngga cepet jadi kusam warnanya dan ga usah sering-sering bolak balik touch up.

Akhirnya aku pun decide utk switch ke warna biru dengan hair-dye Directions Midnight Blue.
Bagian bawahnya dicampur dengan warna silver sehingga jadinya masih ada kesan ombre (baru terlihat ombrenya setelah beberapa lama ketika warna cat nya sudah mulai menurun)

Blue hair with Directions - Midnight Blue
Warna biru ini adalah warna terakhir sebelum aku switch lagi ke warna rambut aku yang sekarang.
Sebelum di switch, I've stayed with this color selama sekitar 4 bulan dan warnanya masih belum hilang! masih biru, namun bagian bawahnya saja yang memang udah agak kusam dan mulai memunculkan blonde-blonde bandelnya itu. Grrrr.

So that's my hair coloring journey this year. Kayaknya tahun ini buat aku emang penuh warna warni ya :p 

Anyway, di bawah ini pertanyaan yang sering aku dapet di instagram mengenai proses hair-coloring:

1. Proses bleaching itu wajib ngga sih?

Kalau cat rambut dengan warna-warna seperti ini sudah pasti harus melalui proses bleaching. Berapa kali proses bleachingnya itu tergantung dari warna apa yang kamu pengen. Misalnya kalau targetnya warna silver yg terang banget, pigment nya pun harus di reduce sampe ke level yang paling tinggi. Makanya bleach nya pun butuh sampe 5-6 kali. 

Penting banget di note kalau waktu proses bleaching itu kondisi rambut juga harus diperhatikan. Kalau rambutnya udah mau jadi bubur jangan di bleach lagi karena bisa benar2 hancuurrrr, putus, beneran jadi bubur. Kalau proses bleaching nya harus di stop di tengah jalan begitu, alternative nya masih bisa dengan pilihan warna yang lebih gelap yang sudah bisa masuk ke warna rambut setelah di bleach. Nanti beberapa minggu atau bulan kemudian coba cek lagi kondisi rambutnya siapa tau sudah lebih kuat dan bisa dilanjutkan lagi tambahan bleaching'nya.

eh tapi kalau kamu cuma mau cat jadi coklat atau merah atau apapun yang pake cat dengan campuran oxidizer beda cerita yaaa, itu sih ngga usah di bleaching segala.. hehe

2. Rambutnya jadi kering ngga setelah di bleaching?

YES! It's not all chocolate and flowers. 
Aku akan coba share juga untuk my whole hair treatment process dan suka dukanya dealing dengan rambut di bleach dan di color seperti ini. Di post-post berikutnya yaa, stay tune!

3. Stylistnya siapa?

I did everything dari awal2 experiment sampe terakhir2 tinggal bikin appointment, dateng dan di kerjain aja di Blobar salon di Kemang, di Jalan Benda. Check out their Instagram: @blobarhair for more info and hair inspiration!
Stylist nya sendiri namanya mas Gun, Instagram: @gunbaela . Recommended! bisa ditanya2 dan ngasi advise juga seputar kondisi rambut sampe rekomendasi alternative warna2 yang cocok.

4. Cat rambut seperti ini tahan lama atau cuma temporary sih?

Well kalau dibaca dari cerita di atas udah tau juga kan kalau ketahanan warnanya itu bisa dari macem2 faktor. mulai dari warna yang dipilih, faktor warna asli, shampoo yang dipake, dan macem2.
Tapi kalau kamu juga tipe yang males bolak balik ke salon like me, jenis cat yang tahan lama adalah Manic Panic seri Amplified (tahan 4-6 bulan), atau hair dye merk Directions, the one I've been using over and over.
Kalau merk Directions, ga usah yang seri Amplified nya segala juga emang cat nya udah lebih tahan lama, sedangkan kalau Manic Panic yg regular (bukan Amplified) itu tahannya cuma antara 1-3 bulan

So that's my hair story, hope you guys enjoy reading my post and please feel free to drop any comments/question.

Drop any question: ask.fm/stellajulian
XOXO

You Might Also Like

33 comments

  1. Aku pengen banget ngewarnain warna ungu, tapi masih takut krn masih gatau nantinya pake shampoo&conditioner apa supaya warna rambut tahan lama dan tentunya bisa merawat rambut. Sarannya dong kak supaya rambut ttp kayak kak stella! Biar lebih berani nih ngewarnainnya hihi. Makasih kakak cantik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sorry lama banget balesnya, masih coba biar lebih active buka2 blog nih :)
      Klo shampoo sih aku pakenya Alfaparf Milano yang utk rambut silver, soalnya aku suka kalau rambutnya begitu luntur atau turun warnanya itu ada silver2nya. tapi kalau mau tetap pertahanin ungunya aja, aku ga saranin pake shampoo ini sih. Kayaknya coba pake shampoo yang emang khusus utk rambut diwarnai aja. Klo conditioner aku cm pake herbal essence yang biru. Aku ngga terlalu pake product2 yang bikin warnanya tahan lama juga sih soalnya emang aku suka ganti2 juga. hehe. Kalau bisa sih jarang2 keramas aja,klo keramas pake air dingin dan jangan sering2 di hairdryer krn rambut kalau kena panas warnanya jauh lebih cepet lunturnya :)

      Delete
  2. wooh pretty hair! anyway mind to follow each other via blog & insta? :)

    xx
    graciellashiaryn.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thank you! Yeah sure I just followed your blog. Still trying to be a bit more active in blogging tho :)

      Delete
  3. kayanya semua warna juga cocok gitu!
    i do love your purple hair tho!

    vnssachn.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Hai boleh ksh tau gk merek shampoo nya ak barusan d cat gray with gray highlight. Thx u sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, shampoo nya Alfaparf Milano, botolnya warna biru tua, yang ada tulisan "silver" di botolnya.
      Belinya di Food Hall yang gede2 kayak di Senayan City atau Plaza Senayan. Selama ini liat di supermarket lain belum pernah ada, kalaupun ada, adanya yang ga ada tulisan silver'nya

      Delete
  5. Hi ka aku mau nanya dong. Aku kan mau dicat warna soft pink gitu tp ga nemu cat yg langsung jadi softpink. Apa semua cat rambut warna ungu bisa luntur jadi warna rambut kaka yg pink cotton candy ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ada deh kalau liat cat manic panic gt seinget aku ada yang langsung pink gitu. tp klo ngga nemu, iya biasanya kalau ungu pastel lunturnya bakal ke pink pastel gitu juga. cm again, warna2 pastel atau cotton candy gitu biasanya ga tahan lama ..

      Delete
  6. Hy kak....
    Nanya ya kmrin aku sempat pingin wrna rmbutnya ash brown ehh...aku di bleaching 2x jdinya agak kuning orange gitu pas wrnanya malah ngk masuk sedih-_- uda byar menguras dompet hasilnya gitu...blonde tp aku pingin silver gitu cuma tkutnya di bleach lg..uda ngk kuat rmbutku..bgusan wrna apa ya yg luntur tp ttp oklah trngk blondee gini...ngk pede😢😢😢 trs kak misalkan aku kan catnya kayak hari ni bisa lgsung ditimpa warna ngkya?ngk pede....thx bgt sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello. itu pengalamannya hampir sama kayak aku ya. hehe.
      tapi rata2 emang temen2 aku yang mau sampe silver ga bisa langsung sekali aja prosesnya sih, harus 2 kali bolak balik krn biasanya rambutnya ga kuat di bleaching sekaligus banyak-banyak.
      Klo km mau nunggu biasa nya sebulanan lg rambutnya udah lebih kuat asal selama itu rajin2 diurus jadi mungkin bs di bleach lagi nanti, atau klo udah pengen langsung timpa warna aja palingan cari warna2 yang lebih gelap krn klo bleaching nya baru 2 kali emang ga bakalan masuk warna2 terang atau blonde.

      Intinya liat kondisi rambut aja, kalau udah kayak karet mending jangan timpa bleach2 lagi dulu, either mau nunggu atau timpa warna tp yang agak gelap. kayak merah gelap, ungu gelap, biru gelap dll.
      klo aku pribadi sih saranin tunggu aja nanti di bleach lagi biar bagus sekalian, emang gt rambut asia2 kayak kita gini emang. heheh

      Delete
  7. Hi ka, mau nanya nih.
    Rambutku kan udah 3 bulan lalu di ombre dr telinga sampe bawah rambut warna hijau tosca sama biru. Luntur2nya mereka bagus sih. Cuma karena for a something reason aku harus gelapin rambutku. Yg warna hijau tosca masih awet meskipun udh agak pudar. Ni rambut mau kubikin chestnut brown. Kasus kaya gini harus di bleaching lg atau langsung timpa aja ya ka? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, tergantung sih sebenernya, kalau brown'nya yang gelap banget dan lebih gelap dr sisa biru yg skrg, bisa langsung aja. tp kalau brown nya yang agak soft dan sisa biru kamu masih kuat bgt, mungkin ngga bs langsung masuk warnanya.. Biru itu warnanya stubborn sih soalnya.. hehe.

      Paling aman konsultasi sama hair stylist'nya dulu aja sih krn dia yang liat langsung kondisi kulit kamunya.. tp harusnya kalau brown gelap bisa masuk2 aja sih. palingan nanti bbrp bulan klo lunturan ada sedikit2 biru ngintip (kalau birunya skrg masih kuat), nanti timpa lagi aja. klo bleach lagi nanti rusak lagi nggak? heheheh

      Delete
  8. Hi kak mau nanya, aku sempet di bleach 2x dgn kandungan 9% masing2. Niatnya mau ash brown, tp aku malah milih grey gloss krn lunturannya bs jd ash brown. Nah pas udh di apply grey gloss malah abu bgt ak ga pede akhirnya di cet brown dan jd blonde, karena blonde aku ga pede akhirnya ak cat lg di salon wrn brown trus luntur lg, aku cat lg sendiri di rmh, luntur lg akhirny cat lg di salon skr warnanya hampir dark brown. Nah, karena proses tsb, rmbtku jd rusak bgt damage abis. Ada saran ga harus pake treatment apa? Rambutku dr se dada jd ku potong smp dibwh telinga. Sedih bgt. Mohon sarannya ka. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dear, kedengerannya sering banget di cat ulang ya, hehe. kalau udah rusak bgt, sabar dulu aja, jangan di cat2 lagi dulu sementara. kalau rambut udah di bleach emang jadi agak susah maintain warna gelap. klo treatment sih, saran aku sering2 hairmask aja. dan kalau bisa keringin rambut jangan pake haridryer dulu, kalau pun mau pake hairdryer pake suhu paling rendah aja.. dan pake vitamin2 rambut, aku saranin pake ellips hair capsule yang warna pink, yg khusus untuk rambut rusak. dan kalau tiap keramas juga jangan lupa kondisioner yang buanyakk. semoga membantu yaa..

      Delete
  9. hi aku boleh minta personal kontak kamu gk,ada beberapa produck rambut yg ingin aku pesan dari djkarta termasuk shampoo silver yg kamu pakai,thanks y mohon bantuanya

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Mau tanya, rambutku udah aku bleaching 5kali, tapi hasilnya putih kekuningan gitu, terus aku timpa cat warna putih, jadi lebih putih terang lagi walau masih ada kuningnya, aku mau cat grey, apa bisa langsung timpa cat aja? Atau harus gimana? Terus cat grey selain manic panic dan pravana yang bagus apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello. Klo cat grey sih harusnya bs langsung masuk yaaa klo udah pernah di bleach 5x dan cat sebelumnya kan juga putih, jd makin terang lg tuh. Cm rambut tiap org kan beda, klo udah balik kuning lg dan udah jauh menggelap belum tentu bs masuk mungkin ya.

      Klo cat grey aku udah ga terlalu up to date, tp terakhir denger ada juga dr shiseido, itu ada tambahan oksidasinya lagi, jd mungkin bs ngebantu terangin rambutnya jg klo takut gak masuk warnanya. Klo pravana atau manic panic kan udah ga nambahin proses oksidasi lagi.. hehe

      Delete
  12. Thanks kak infonya.
    Sangat membantu.
    Akan ku coba.

    ReplyDelete
  13. ka stela.. aku vita.. ak mau tanya dong.. rambut aku skrg warnanya dark purple.. mau aku ganti jd dark brown gitu.. kmrn ak sempet ke salon ak timpa lgsg sm warna coklat gelap chesnut brown gt, eh tp malah gak nempel ttp aja kaya warna awal padahal catnya udh 2box.. gmna ya ka biar masuk warna coklat gelap.. ak sih gak mau di blicing lg kak.. mohon saranya ya kak.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear kalau warna brown nya kalah gelap sama dark purple kamu yg sekarang kayaknya emang bakal susah masuknya sih. Kalau ngga mau bleaching lg mungkin bs tunggu warna rambut km yg skrg sampe agak luntur dulu. atau cari warna coklatnya yang lebih gelap lagi. hehe

      Delete

  14. boleh tau ingredient nya apa aja? susah nyari nya di google dan review nya, pgn cet rmbut tapi alfaparf kalo yg tanpa bleaching, bikin rambut kering gak sih? lagi mau bandingin sama loreal majirel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nggak nyimpen lagi botolnya dear. tp bs coba cek disini

      http://www.sleekhair.com/alfaparf-uomo-energetic-shampoo-silver.html

      btw tp ini shampoonya bukan cat, jd only works untuk rambut yang sudah di bleach utk ngebantu supaya bleach nya itu ngga terlihat kuning-kuning, tp lebih ke silver jadinya.

      Delete
  15. Ka stellaaa. Mau nanya dng ka :(. Kliatannya tuh kaka difto rambutnya kaya alusbgt gt kn ya trs ikal2 sehat gty,nah klo boleh tau apa kk sll stylinng rambut dirmh? Dan kalo iya apa emang rambut ducat itu harus sll styling biar kliatan bgus ya ka? Soalnya ko kdang kaya beda gtu kan diliatnya. Bingung pada pake apa, kaya kk yg kliatannya tuh bgs bgt ♡. Reply me pleaseee

    ReplyDelete
  16. kak,aku mau nanya nih
    merk apa ya yg ada warna metalic ungu mudanya?
    reply me kak

    ReplyDelete
  17. Aq jg br seminggu ombre pink purple gt,,, trus dlm seminggu kramas 3x wrna udh luntur pdhl sblum diwarnai udh di bleach 2x,,,skrng malah sebagian msh ungu sebagian kaia kuning coklat,,,udh gt jd kering kasar,,, itu bagusnya aq sekalian timpa pake wrna brown apa dibiarin aja ya kak biar ga makin rusak,,,, uchhh😭 Skrng aq udh beli Matrix Biolage Ultra Hydrasource,,,ga tau ini bakal bener apa engga perawatan gini,,, tolong saran'a kakak 😭

    ReplyDelete
  18. Kak mau nanya dong
    It kakk awalnya d wrna abu" dulu habis it d wrana ungu, apa cat wrnanya d campur jadi satu lalu d apkikasikan ke rambut atau gimna kak, soalnya aku penge banget punya wrna rambut sperti it. Dan kasih tahu merek" cat wrnanya yak kak
    Makasih 😊

    ReplyDelete
  19. Jdi pengen ngecat yg warna silver deh kak hehe..
    Cause, im so inlove with ur sliver hair����

    ReplyDelete
  20. Kak bulan lalu aku nge bleach 2x jadi level 8 terus minggu depannya langsung aku kasi cat silver kebiruan tapi ga sampe seminggu warna nya uda abis semua dan akhirnya malah jadi kuning tua gitu.. sekarang aku mau ambil cat warna agak gelap mending ambil biru tua apa ungu ya kak? Merk ny bagus nya apa ya?

    ReplyDelete
  21. haloo,, kak,
    rambut saya (cowo) skrg dark red dengan magenta purple seperti rambut kakak y paling atas, ini d luar rencana waktu itu maunya ash blonde,, karena waktu bleaching kurang terang terus d warnain ash blonde, jadinya bukan ash blonde (abu) malah blonde, sama persis kaya rambut kakak diatas,, nah saya experimen langsung d warnain pake pink terang,, ehh jadinya dark red dengan magenta purple gini,,, nah saya mw tanya,, rambut saya pengen jadi warna pink peach : harus d bleaching dulu kah, atau langsung diwarnain ? kalo langsung d warnain , pake warna apa ? terus kalo langsung diwarnain pake ash blonde (abu) hasilnya jadi warna apa kak ?

    thanks

    ReplyDelete

About Me

About [span]me[/span]
Hello, my name is Stella Julian.

I'm a 27 year-old Indonesian who used to work as a full-time passionate-professional in beauty industry. I created this blog to share all things mainly related to beauty, fitness, and other things about me that's almost unintelligible. Sharing is caring and hope you guys enjoy reading my posts! Do contact me for questions or inquiries: stellss.julian@gmail.com

TRANSLATE

Popular Posts

Instagram